Nokia N1 Pakai Konektor USB yang "Dikebiri"

KOMPAS.com - Nokia pada Selasa (19/11/2014) secara mengejutkan meluncurkanperangkat tablet Android yang diberi nama Nokia N1. Tablet Android 7,9 inci ini juga menjadi salah satu yang pertama mengusung konektor USB Type C reversible (bolak-balik).

USB Type-C adalah standar konektor USB (Universal Serial Bus) baru yang ditetapkan pada Agustus 2014 lalu. Belum banyak vendor elektronik yang mengusung konektor jenis ini karena mereka menunggu ajang Consumer Electronic Show (CES) CES 2015 untuk memperkenalkannya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/11/2014), USB-Type C memiliki profil konektor yang lebih ramping. Desain reversible (bolak-balik) yang dirancang dimaksudkan agar pengguna tidak bingung orientasi kabel mana yang akan dihubungkan.

Namun, walau sebenarnya jenis konektor ini mendukung standar USB 3.1 denganbandwidth hingga 10 Gbps, Nokia nampaknya tidak menyertakan dukungan tersebut dalam tablet Nokia N1.

Alih-alih, USB Type-C yang ditanamkan Nokia hanya mendukung standar USB 2.0 yang lebih lama dengan kecepatan bandwidth yang rendah, mengapa? 

Menurut penjelasan Nokia, pihak rekanannya, Foxconn saat ini belum memiliki solusi untuk chipset yang digunakan Nokia jika ingin mendukung kecepatan bandwidth USB hingga 10 Gbps. 

"Kami percaya konektor bolak-balik akan mempermudah segalanya, chipset dari Intel sudah mendukungnya dan kami ingin memaksimalkannya, namun kemampuan USB 3.1 belum tersedia untuk chipset tersebut saat ini," demikian pernyataan Nokia.
Sumber: The Verge
Editor: Wicak Hidayat

Related Posts:

0 Response to "Nokia N1 Pakai Konektor USB yang "Dikebiri""

Posting Komentar